Jenis Layanan Perpustakaan

Layanan administrasi 

Prosedur Pendaftaran anggota baru
Semua civitas akademika IAIN Bukittinggi menjadi anggota perpustakaan IAIN Bukittinggi dengan Persyaratan berikut:

  1. Bagi Mahasiswa baru ( D3, S1 dan S2)
  2. Bagi dosen dan Karyawan
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menyerahkan Foto 3×4 1 (satu) Lembar
  1. Perpustakaan juga melayani pemustaka non-sivitas akademik IAIN Bukittinggi (pengunjung umum/ tamu) dengan ketentuan : Menunjukan dan menyerahkan tanda pengenal yang masih berlaku sebagai jaminan semasa berkunjung.

Layanan sirkulasi

  

Layanan sirkulasi merupakan  layanan peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan. Layanan ini terdapat pada Lantai 2 Perpustakaan Kubang Putih dan Perpustakaan Garegeh. Berikut adalah jumlah peminjaman sesuai jenis anggota:

Status Lama Peminjaman Jumlah
Dosen 1 Bulan 4 eksemplar
Karyawan 1 Bulan 4 eksemplar
Dosen LB 2 Minggu 3 eksemplar
Mahasiswa 1 Minggu SMT 1-6 = 3 eks
SMT 7-dst = 4 eks
D3 SMt 5-dst = 4 eks
Pasca SMT 3-dst = 4 eks

Sistem yang digunakan pada layanan ini adalah open access. Pemustaka dapat langsung mencari buku yang diinginka untuk dipinjam. Pada Perpustakaan IAIN Bukittinggi layanan ini dilakukan menggunakan sistem e-campus. Pemustaka  yang akan melakukan transaksi harus menggunakan kartu anggota perpustakaan atau KTM.

Layanan koleksi referensi

Layanan referensi merupakan layanan pencarian koleksi referensi. Koleksi referensi merupakan koleksi rujukan yang dijadikan acuan untuk sumber referensi. Jenis koleksi referensi yaitu, kamus, ensiklopedia, dan direktori, dan lain sebagainya.

Layanan  ini terdapat di Lantai 1 Perpustakaan Kubang Putih. Koleksi yang terdapat pada layanan referensi tidak dapat dipinjam untuk dibawa pulang. Koleksi ini hanya dapat dibaca di tempat.

Layanan koleksi cadangan (tendon)

Merupakan layanan baca di tempat dan fotocopy untuk koleksi cadangan. Terletak di lantai 3 Perpustakaan Kubang Putih dan Lantai 1 Perpustakaan Garegeh

Layanan local content

Merupakan layanan baca di tempat untuk koleksi skripsi, tesis, dan disertasi. Terletak di lantai 1 Perpustakaan Kubang Putih dan Lantai 3 Perpustakaan Garegeh

Layanan Bebas Pustaka

IAIN Bukittinggi menyelenggarakan wisuda 2 kali setahun. Dalam proses pendaftaran wisuda, mahasiswa diwajibkan mengurus surat bebas perpustakaan.

Surat keterangan bebas pustaka memiliki syarat-syarat sebagai berikut:

  • Calon wisudawan menyerahkan kartu anggota perpustakaan
  • Tidak mempunyai pinjaman buku atau tanggungan lainnya
  • Menyerahkan tugas akhir/skripsi hard cover 1 eksemplar bersert a CD-ROM berisi file skripsi pdf
  • Menyerahkan sumbangan buku secara sukarela
  • Mencetak surat keterangan bebas pustaka pada akun e-Campus masing-masing
  • Membuat surat keterangan penyerahan skripsi
  • Setelah surat ditanda tangani dan dibubuhi stempel calon wisudawan dapat mengambil surat keterangan bebas perpustakaan

Layanan Akses Internet

Layanan akses intenet merupakan layanan yang diberikan kepada pemustaka terkait akses informasi. Untuk akses internet di dalam lingkungan perpustakaan,  pemustaka harus memiliki akun untuk login wifi. Pemustaka harus mendaftar ke bagian TIPD IAIN Bukittinggi.

Akses informasi juga dapat dilakukan di Lantai 3 Perpustakaan Kubang Putih. Pada ruangan tersebut disediakan 25 komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Pemustaka dapat menggunakan ruangan ini untuk mencari informasi ilmiah seperti jurnal,e-book, dan sumber refererensi lainnya.

Layanan terbitan berseri

Layanan terbitan berseri merupakan layanan yang diberikan kepada pemustaka untuk menemukan informasi pada koleksi yang terbit secara berkala. Koleksi terbitan berseri ini diantaranya yaitu koran, majalah, dan jurnal.

Pemustaka dapat mengakses koleksi ini di Lantai 1 Perpustakaan Kubang Putih. Koleksi ini tidak dapat dipinjam untuk dibawa pulang, hanya untuk baca di tempat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X